Beranda | Artikel
Adanya Ampunan Yang Bersifat Sebagian
Kamis, 5 Januari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Adanya Ampunan Yang Bersifat Sebagian merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 8 Jumadil Akhir 1444 H / 1 Januari 2023 M.

Kajian Hadits Tentang Adanya Ampunan Yang Bersifat Sebagian

Hadits 97:

عَنْ جَابِرٍ – رضي الله عنه – أَنَّ الطُّفَيْلَ بْنَ عَمْرٍو الدَّوْسِيَّ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللهِ هَلْ لَكَ في حِصْنٍ حَصِينٍ وَمَنْعَةٍ قَالَ حِصْنٌ كَانَ لِدَوْسٍ في الْجَاهِلِيَّةِ فَأَبَى ذَلِكَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلَّذِي ذَخَرَ اللهُ لِلْأَنْصَارِ فَلَمَّا هَاجَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْمَدِينَةِ هَاجَرَ إِلَيْهِ الطُّفَيْلُ بْنُ عَمْرٍو وَهَاجَرَ مَعَهُ رَجُلٌ مِنْ قَوْمِهِ فَاجْتَوَوْا الْمَدِينَةَ فَمَرِضَ فَجَزِعَ فَأَخَذَ مَشَاقِصَ لَهُ فَقَطَعَ بِهَا بَرَاجِمَهُ فَرَآهُ الطُّفَيْلُ بْنُ عَمْرٍو في مَنَامِهِ فَرَآهُ وَهَيْئَتُهُ حَسَنَةٌ وَرَآهُ مُغَطِّيًا يَدَيْهِ فَقَالَ لَهُ مَا صَنَعَ بِكَ رَبُّكَ فَقَالَ غَفَرَ لِي بِهِجْرَتِي إِلَى نَبِيِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا لِي أَرَاكَ مُغَطِّيًا يَدَيْكَ قَالَ قِيلَ لِي لَنْ نُصْلِحَ مِنْكَ مَا أَفْسَدْتَ فَقَصَّهَا الطُّفَيْلُ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللهُمَّ وَلِيَدَيْهِ فَاغْفِرْ.

Dari Jabir Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Thufail bin ‘Amr Ad-Dausi mendatangi Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka ia berkata: “Ya Rasulullah, maukah engkau mendapatkan benteng yang sangat kokoh yang akan melindungi kamu dari kaummu.” Dia berkata lagi: “Yaitu benteng yang merupakan milik Kabilah Daus dimasa jahiliyah.” Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menolak tawaran Thufail bin ‘Amr itu. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mempersiapkan untuk beliau kaum Anshar.

Ketika Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam hijrah ke kota Madinah, maka Thufail bin ‘Amr pun ikut hijrah. Dan juga berhijrah bersama Thufail ada seorang laki-laki dari kaumnya. Maka mereka merasa berat untuk tinggal di madinah. Maka orang itu sakit dan tidak sabar. Ia pun mengambil beberapa ujung tombak (pisau) lalu ia memotong urat nadinya, sehingga meninggal dunia.

Thufail bermimpi bertemu dengan orang tersebut, dan dia melihat dalam mimpinya itu dalam keadaan bagus, tapi ia menutup tangannya. Thufail berkata kepadanya: “Apa yang dilakukan oleh Rabbmu terhadap dirimu?” Orang itu berkata: “Allah telah mengampuni dosaku karena hijrahku kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” Tufail berkata: “Lalu kenapa aku melihat engkau menutup tanganmu itu?” Dia berkata: “Dikatakan kepadaku: ‘Kami tidak akan memperbaiki yang telah kamu rusak itu.`”

Maka kemudian Thufail pun mengisahkan mimpi tersebut kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Ya Allah, maafkan juga dua tangannya.” (HR. Muslim)

Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah

Hadits ini menunjukkan akan aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah bahwa pelaku dosa besar tidak kafir dan tidak kekal dalam api neraka. Ini adalah keyakinan yang diselisihi oleh kaum Khawarij yang meyakini bahwa pelaku dosa besar itu kafir murtad dari agama Islam. Adapun Ahlus Sunnah tidak meyakini demikian, kecuali kalau dia meyakini kehalalan dosa besar itu. Misalnya dia meyakini zina halal (padahal dia tahu itu haram). Maka yang seperti ini kata para ulama masuk dalam kufur juhud dan pelakunya murtad dari agama Islam.

Keutamaan Hijrah

Hadits ini menunjukkannya keutamaan hijrah. Dan bahwasanya hijrah itu pahalanya besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lihatlah orang ini dimaafkan oleh Allah padahal dia sudah melakukan dosa besar berupa bunuh diri. Dimana bunuh diri ini dosanya sangatlah besar, tapi ternyata pahala hijrah lebih besar dari itu. Hingga dengan hijrahnya itu Allah maafkan dan ampuni dosanya.

Adanya Ampunan Yang Bersifat Sebagian

Dalam hadits ini Allah mengampuni orang tersebut tapi tidak memaafkan tangannya. Allah mengatakan: “Kami tidak akan memperbaiki apa yang telah kamu rusak itu.” Maka kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdoa kepada Allah minta supaya Allah mengampuni juga tangannya.

Maka bisa jadi Allah mengampuni dosanya tapi ada satu dosa yang Allah belum bisa ampuni. Lalu kemudian Allah maafkan dengan syafaat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Mimpi Seorang Mukmin

Mimpi seorang mukmin itu terkadang benar. Dan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal itu sangat mungkin. Makanya kata Ibnul Qayyim bahwa orang yang sedang tidur itu rohnya di tangan Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَىٰ عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَىٰ إِلَىٰ أَجَلٍ مُّسَمًّى…

“Allah yang mewafatkan jiwa ketika ia matinya, dan yang belum mati dalam tidurnya. Dan Allah tahan roh orang yang telah Allah takdirkan meninggal dunia, dan Allah kirimkan lagi roh orang yang belum ditakdirkan meninggal dunia.” (QS. Az-Zumar[39]: 42)

Ini menunjukkan bahwa ketika tidur roh digenggam oleh Allah, namun tetap ada hubungan dengan badan kita. Maka sangat mungkin untuk bisa bertemu dengan rohnya orang yang sudah meninggal dunia.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52592-adanya-ampunan-yang-bersifat-sebagian/